JAKARTA, KABAR.ID- Tanggal 12 Desember (12.12) masih menjadi Hari Belanja Online Nasional
(Harbolnas) terpopuler di Indonesia dibandingkan tanggal-tanggal lainnya
seperti 10.10 dan 11.11.
Menurut Senior Account Strategist Criteo Asia Tenggara, Taiwan dan
Hongkong, McCarl Leonardo, salah satu faktor yang membuat tanggal
tersebut menjadi populer, adalah karena Indonesia merupakan pencetus
Harbolnas 12.12 dibandingkan negara lainnya.
“Di negara lain, seperti China melalui Alibaba yang mengenalkan
Singles Day (11.11), tanggal itu lebih populer dibandingkan Indonesia.
Sedangkan Indonesia menginisiasi 12.12 lebih dulu,” kata McCarl di
Jakarta, Selasa.
“Itulah yg membuat orang Indonesia lebih familier dan excited dengan Harbolnas 12.12 dan mempengaruhi kepopulerannya,” ujarnya melanjutkan.
Berdasarkan data riset dari platform advertising untuk open internet network,
Criteo S.A (NASDAQ: CRTO), Harbolnas 12.12 di tahun 2018 menghasilkan
tingkat konversi tertinggi penjualan ritel daring (e-commerce) hingga 94
persen.
“Dibandingkan dengan musim belanja lainnya, penjualan ritel pada 12.12 tumbuh dengan masif setiap tahun,” kata McCarl.
Faktor lainnya adalah karena momentum 12.12 yang dekat dan lekat
dengan liburan akhir tahun, sehingga menggugah keinginan konsumen untuk
berbelanja melalui e-commerce.
“Dan ini juga memberikan peluang bagi para pemain ritel untuk berinteraksi dengan para pelanggan dengan user interface (UI) yang mudah dan memberikan pengalaman belanja unik bagi pelanggan,” kata McCarl.(Ant/KB)